Museum Ceria: Family Weekend #9 POLICIA

Tanggal 13 Juli 2014 kemarin, kami berkesempatan mengikuti kegiatan acara Family Weekend #9 POLICIA. Acara ini merupakan acara yang dirancang untuk memperkenalkan Museum Polri yang diselenggarakan oleh teman-teman Museum Ceria sekaligus dalam rangka merayakan Hari Bhayangkara (HUT POLRI) yang jatuh pada tanggal 1 Juli dan sebagai kegiatan ‘ngabuburit’ yang fun untuk anak-anak yang sedang latihan puasa. Kebetulan ini kali kedua The Koalas berkesempatan ikut serta dalam kegiatan kakak-kakak Museum Ceria dan berdasarkan pengalaman sebelumnya kegiatan Museum Ceria selalu merancang acara-acara yang penuh games seru yang edukatif. Ditambah kami juga sering melewati Museum Polri ini dengan penasaran, maka kami antusias untuk mendaftarkan diri.

Museum Polri diresmikan pada tanggal 1 Juli 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan berlokasi di Jl. Trunojoyo No.3, Jakarta, berdampingan dengan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri). Museum ini tergolong kecil, namun kelihatan bersih dan terawat, karena dari depan lobby pun sudah ada larangan untuk membuang sampah sembarangan. Para pengunjung tidak diperkenankan untuk membawa makanan maupun minuman ke dalam museum, dan disarankan hanya membawa tas ukuran kecil karena bagi yang membawa tas akan diarahkan untuk ditinggalkan di loker atau di kendaraan pribadi masing-masing.

IMG_6369

Museum Polri – Siap-siap memulai games

Kakak-kakak Museum Ceria telah merancang kegiatan POLICIA yang seru namun tidak melelahkan, terdiri dari 5 aktivitas yaitu mencari tahu tentang berfoto, mencari nama kesatuan polisi berdasarkan petunjuk museum display, bermain Origami, mencari jawaban dari Logic Game, dan diakhiri dengan menonton film tentang Polisi Pariwisata. Sambil bermain anak-anak dapat mengeksplorasi mengenai berbagai kesatuan di Polri beserta belajar tentang tugas masing-masing kesatuan.

Museum Polri - Mini Games yang seru, hasil Origami (yang dibantu Ibunya) dan Foto depan Motor Patroli

Museum Polri – Mini Games yang seru, hasil Origami (yang dibantu Ibunya) dan Foto depan Motor Patroli

Yang lebih seru adalah Museum Polri ini dirancang secara tematis sehingga memudahkan pengunjung untuk sembari menelusuri museum, belajar mengenai sejarah Polri serta melihat perlengkapan polisi dari zaman ke zaman, dari sepeda kumbang Pak Sukitman yang digunakan dalam berpatroli saat Peristiwa G30S  sampai ke alat yang membantu dalam menjinakkan bom. Buat orang tua juga seru apalagi buat anak-anak, karena koleksi Museum Polri terpelihara dengan baik dan tempatnya nyaman. Semua peristiwa bersejarah yang melibatkan Kepolisian Republik Indonesia menjadi bagian dari museum ini, termasuk Operasi Trikora sampai Pengeboman Kedubes Australia, kegiatan polisi di daerah terpencil, Hall of Fame, koleksi senjata dan perlengkapan tugas polisi seperti alat sidik jari dan lie detector.

Museum Polri - Sepeda Pak Sukitman

Museum Polri – Sepeda Pak Sukitman

Museum Polri - Seru dengan koleksi

Museum Polri – Seru dengan koleksi

Museum Polri - Koleksi

Museum Polri – Koleksi

Untuk acara ini, biasanya Kakak-Kakak Museum Ceria sudah membagi kegiatan berdasarkan umur, untuk seumuran Zia (6 tahun) masih perlu didampingi oleh orang tuanya untuk membaca petunjuk pada display dan koleksi museum, saya senang-senang saja sambil mencari jawaban menjelaskan kepada Zia tentang tugas polisi itu sendiri. Seperti menjelaskan tugas kesatuan Badan Reserse dan Kriminal, jadi menjelaskan berdasarkan pengalaman menonton CSI di televisi atau yang menurut saya cukup rumit adalah menjelaskan masalah terror bom di tahun 2000-an, anaknya belum lahir ketika masa-masa terror bom. Saya memperhatikan untuk anak-anak usia di atas Zia, semua sangat antusias mencari petunjuk secara mandiri sampai ada yang duduk di lantai membaca keterangan dari koleksi yang dipajang. Seperti bermain detektif sungguhan.

IMG_6377

Museum Polri - Ruangan yang tematis

Museum Polri – Ruangan yang tematis

Kali ini Kakak-Kakak Museum Ceria tidak menyediakan Toddler Class, namun ternyata Museum Polri ini menyediakan museum khusus anak-anak lho di lantai 2. Tempatnya rapi dan bersih, banyak permainan untuk seumuran Syifa (3 tahun) seperti mobil-mobilan dan motor kecil, baju seragam polisi. Yang seru di museum anak tersebut terdapat permainan detektif yang seru dan interaktif di temboknya, dimana anak-anak diminta untuk membaca petunjuk dan mencari pelaku kejahatan.

Museum Polri - Untuk Adik Kecil disediakan arena bermain

Museum Polri – Untuk Adik Kecil disediakan arena bermain

Museum Polri - Menjadi Detektif Cilik

Museum Polri – Menjadi Detektif Cilik

Museum Polri - Siapakah Pelakunya?

Museum Polri – Siapakah Pelakunya?

Acara ditutup dengan pemutaran film tentang kegiatan anak-anak bersama Polisi Pariwisata di Denpasar. Filmnya menarik karena anak-anak bisa melihat kegiatan Pak Polisi selain sebagai polisi lalu lintas. Mungkin banyak anak-anak yang belum tahu bahwa ada seragam polisi yang berupa celana pendek dan topinya seperti topi pantai.

Museum Polri ini buka setiap Selasa sampai dengan Minggu, jam 09.00 – 16.00, berlokasi di Jl. Trunojoyo No.3, Jakarta, samping Mabes Polri.

Bagi yang mempunyai jagoan cilik yang bercita-cita ingin menjadi polisi, tempat ini saya rekomendasikan untuk dikunjungi.

Atau jikaingin memperkenalkan museum secara fun dan edukatif, jangan lupa follow Kakak-Kakak Museum Ceria di @museumceria atau mampir ke website-nya ya.

Museum Polri - Polisi Cilik :)

Museum Polri – Polisi Cilik 🙂

A great nation is a nation that respect their heroes therefore do not ever forget history. – Soekarno, 1966.

Advertisements

Leave a Reply and Thank You!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s