#KidsToday: Berikan Anak Waktu Bermain

Sepertinya gue sudah lama gak update blog ini, apalagi bekerja di Jakarta ini bagai kekurangan waktu untuk diri sendiri. Sebagai orang dewasa dengan jadwal padat, meski weekend itu adalah waktu istirahat, tetap badan rasanya mau rontok saja.

Bicara tentang jadwal padat, teman gue yang liburan dari Jerman sempat berbagi cerita bagaimana dia mendapat masukan dari petugas kota tentang jadwal kegiatan harian anaknya. Jaime yang seumuran dengan Lil’Miss Koala mempunyai kegiatan Les Ballet dan Les Menggambar di luar jam Taman Kanak-Kanaknya, namun menurut petugas kota kegiatan tersebut terlalu padat. Padahal di Indonesia, kita terbiasa melihat anak sedari umur 6 bulan sudah mulai “sekolah” atau ikut les, bimbingan belajar dan seterusnya. Sedangkan kata teman gue sie di sana didorong untuk bermain. Makanya namanya juga Taman Bermain (Kindergarten), tempatnya anak bermain. Pas banget waktu Jaime ditanya sekolah dimana, dia menjawab kalau dia tidak sekolah tapi pergi ke Kindergarten. Iya dong, namanya anak-anak kan memang di umur itu harusnya bermain, ya gak?

Pas banget juga,  tanggal 12 April 2014 gue mendapat undangan dari MOMMIES DAILY untuk menghadiri acara Rinso Kids Today Project Blogger Gathering di YEYO Lobby and Eatery.

Undangan dari Rinso dan MommiesDaily

Undangan dari Rinso dan MommiesDaily

Acara tersebut bertema pentingnya bermain untuk perkembangan anak. Ternyata Rinso mempunyai proyek untuk mendorong para orangtua yang tentunya memegang peranan terpenting dalam perkembangan seorang anak untuk dapat menyediakan waktu bermain bagi anak-anak mereka.

Kampanye #KidsTodayProject bermula dari survey 1000 responden dari berbagai negara seperti Inggris dan India, termasuk di antaranya Indonesia. Di awal acara, kami diminta untuk menyimak beberapa tayangan film, dan salah satunya yang sangat mengena di hati gue adalah mengenai kesibukan anak-anak.

Kesimpulannya: Ternyata anak-anak zaman sekarang lebih sibuk daripada orang tuanya!

Dalam salah satu film yang ditayangkan bahkan anak-anak tersebut menyebutkan bahwa mereka hanya punya waktu 10 menit untuk bermain di sela waktu sekolah, harus berlari pulang karena ada jadwal les atau mengerjakan PR sampai malam hari. Bahkan ada yang menyatakan bahwa jadwal hariannya sangat melelahkan. Bayangkan, kita para orang tua sampai rumah tinggal istirahat sedangkan anak-anak masih membawa PR ke rumah. Kita saja yang dewasa sudah mau rontok badannya, apalagi mereka.

Acara yang dipandu oleh Della SIP dan menghadirkan Mbak Rosalina Verauli

Acara yang dipandu oleh Della SIP dan menghadirkan Mbak Rosalina Verauli

Kegiatan #KidsToday Project ini menyadari bahwa anak belajar dari setiap pengalaman yang mereka dapat. Pengalaman tersebut bisa melalui pendidikan formal di sekolah juga melalui kegiatan sehari-hari di luar pendidikan formal, seperti bermain. Untuk itu, dalam Blogger Gathering kali ini Rinso menghadirkan Mbak Roslina Verauli, M.Psi. (@verauli) sebagai salah pakar di bidang psikologi, jadi kami juga bisa menambah ilmu apa itu bermain yang tepat.

Mbak @verauli memaparkan bahwa berdasarkan survey yang dilakukan di Amerika Serikat, selama 1 dekade terakhir diketahui bahwa jam belajar anak-anak menjadi semakin panjang, namun performa anak-anak secara sosial, fisik dan psikis menjadi menurun. Apalagi saat ini yang namanya les atau kegiatan di luar jam sekolah bukan hanya sekedar kegiatan ekstrakulikuler pengembangan bakat lho, banyak anak-anak zaman sekarang mempunyai kegiatan les tambahan pelajaran sekolah, yup, mengulang pelajaran sekolah setelah jam sekolah. Kalau gue membayangkan sie seperti gue kerja lembur di rumah. Maka sangat-sangat dianjurkan untuk menjaga keseimbangan antara bermain dan belajar.

Diambil dari FB Rinso Indonesia

Diambil dari FB Rinso Indonesia

Dari bermain pun anak bisa mendapatkan pelajaran. Nah, dalam acara ini Mbak @verauli membantu para orang tua bagaimana bermain bisa menjadi proses belajar juga.

Pada dasarnya bermain itu harus FUN, berstruktur dan diberikan pengarahan. Tuh kan, bermain juga tidak sembarang bermain, bermain ada misi dan visinya lho, makanya harus berstruktur dan ada pengarahan dari orang tua. Jadi memang penting bagi kita sebagai orang tua untuk menyediakan waktu kita untuk bermain bersama anak-anak.

Pada usia 2-6 tahun, anak-anak membutuhkan waktu bermain paling kurang 5 jam sehari lho dan yang namanya bermain tidak harus di luar ruangan, namun harus terdapat kegiatan motorik juga, bukan sekedar  main games atau menonton TV. Namun akhir-akhir ini bermain di luar ruangan sangat kurang dilakukan.

Bermain Di Luar Ruangan

Bermain Di Luar Ruangan

Wajar kalau anak-anak di umur itu suka bermain, karena itulah fase The Play Years, dimana masa puncak anak menjadikan bermain sebagai pendukung tumbuh kembangnya termasuk kemampuan sosialnya dan fungsi eksekutif-nya. Sedangkan di usia sekolah dianjurkan diberikan 60 menit kegiatan fisik dari 4-5 jam bermainnya anak.

Di akhir acara, Rinso dengan #KidsToday Project dan Mbak @verauli mengajak para orang tua mengerti bahwa belajar dan bermain bukanlah hal yang bertentangan. Harapannya adalah orangtua dapat mendukung waktu bermain anak-anak, memberikan pengarahan dan memfasilitasi anak-anak untuk dapat bermain. Jangan lupa, menemani anak bermain juga, sebagai bentuk pengarahan dari kita sebagai orang tua.

IMG_0445

Bermain Dimana Saja dengan Apa Saja Tidak Takut Kotor

Jika kita sebagai orang tua masih ragu dengan fasilitas bermain termasuk kurangnya tempat bermain atau kebersihan fasilitas yang ada, selalu ingat bahwa bermain bagus untuk perkembangan anak kelak, maka harus kita upayakan sebuah lingkungan agar anak-anak berani untuk aktif dan tidak takut kotor, karena disitulah kemampuan anak akan terasah.

Ohya, kabar baiknya film yang tayangkan dalam kegiatan #KidsToday Project ada beberapa cerita lho dan para orang tua dapat ikut berpartisipasi mengungkapkan pendapatnya mengenai film-film dalam #KidsToday Project tersebut ke dalam sebuah tulisan di blog masing-masing dan ikut dalam kompetisinya.

Ada hadiahnya yaitu untuk 5 pemenang masing-masing berhak untuk mendapatkan hadiah uang cash senilai Rp1 juta plus voucher Gramedia senilai Rp1 juta dan bingkisan dari Rinso.

Asyik kan, lumayan kan buat ibu-ibu model gue ini dapat bingkisan Rinso dan bisa beli buku anak-anak di Gramedia, menambah pengetahuan, makanya yuk ikutan kompetisinya yang diadakan sampai tanggal 12 Mei 2014. 

Untuk keterangan lebih lanjutnya dan tata caranya langsung ke thread di Mommies Daily di sini ya.

Dari hasil acara tersebut ada PR buat gue sama Mr. Y:

  1. Berhubung nie tahun ajaran besok Lil’Miss K akan masuk tingkat Sekolah Dasar (Primary), dan jam masuknya dari pukul 7.30 sampai dengan jam 14.30, kami harus memastikan bahwa selain Les Balet, Les Mengaji dan Les Musik, harus ada waktu yang cukup untuk istirahat dan bermain.
  2. Harus lebih sering ikutan bermain sama anak-anak di luar rumah, maafkan memang gue pemalas kali ya kalau weekend.
  3. Mencari tahu bagaimana ayunan dan perosotan di Taman Bulat di cluster gue bisa diperbaiki oleh pengelola cluster dan dibersihkan dari kotoran binatang.

Ngomongin hasil acara di atas, coba diperhatikan dech, bahwa anak yang bahagia akan terlihat dari mukanya, apalagi sedang bermain seperti ini ya gak?

Muka Happy Bermain

Muka Happy Bermain

Kalau yang ini mungkin terlalu bahagia sampai sekarang hihihihihihi…

Demi Menang Photobooth

Demi Menang Photobooth

Terima kasih ya Rinso dan MommiesDaily atas undangannya, senang bisa menambah ilmu.

Anak Happy, Ibu pun Happy dapat bukunya Fira Basuki plus tandatangannya lho.

Tanda Tangan Aseli!

Tanda Tangan Aseli!

 

 

Advertisements

8 thoughts on “#KidsToday: Berikan Anak Waktu Bermain

  1. De says:

    Rafa gak ikut les apapun di luar sekolah. Xkul di sekolah juga cuma bola doang.

    Kalo Fayra ikut xkul nari + lukis di sekolah, di luar itu ikut Digital Art School tiap Sabtu.

    Kasian anak2 kalo les tiap hari di luar sekolah. Pulang sekolah aja udah sore gitu

Leave a Reply and Thank You!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s