Baby Koala 101: Potty Training

Alhamdulillah di usia 2 tahun 6 bulan, Si bayi sudah lepas dari pospak dan clodi. Bye bye pembelian popok sekali pakai alias pospak, selamat datang tas branded eh investasi pendidikan.

Maaf kalau terlalu heboh menyambut berita ini karena beli pospak itu meski hanya untuk malam hari itu mahal. Dan kedua Koala tidak bisa pakai pospak selain merek Boneka-Awan-Putih itu lho, karena mudah iritasi jika memakai merek lainnya.

Kalau untuk clodi alias cloth diaper, kami menggunakan sejak si bayi lahir. Dan mungkin menurut analisa gue dan Mr. Y, si bayi lebih cepat lulus potty training daripada kakaknya.

Kalau untuk BAK alias pup, kedua anak sudah diajari untuk pup di toilet sejak umur mereka 6-7 bulan atau sudah bisa duduk. Caranya mudah kok. Yang penting tahu saat dia akan pup, langsung dibawa ke toilet sehingga dia akan terbiasa dan risih kalau pup di pospak atau clodi. Umur setahun lebih, dengan rutinitas seperti itu pada saat dia sudah bisa berbicara atau menunjukkan keinginannya akhirnya hanya ada 1 atau 2 kali insiden di celana. Kalau Si bayi malah lebih rempong, dia mampu menahan sampai rumah meski macet di jalan dan sampai nangis. Sedih lihat kesakitan tapi dia gak mau pup di pospak dalam keadaan darurat.

Kalau gue paling semangat training untuk pup ini karena sorry ya anak-anak, Ibu gak tahan bau pup hahahaha.

Untuk pipis, kedua anak ini sejak umur 1,5 tahun sudah tidak menggunakan popok saat siang hari. Hanya sekali terjadi insiden itupun karena mereka sibuk main atau nonton TV. Kalau si Kakak pakai sistem ke toilet tiap 2 jam, sedangkan adiknya sudah minta lepas popok sejak bisa jalan. Entah mungkin risih karena clodi kan seperti popok.kain gak langsung kering atau malu dengan teman sebayanya.

Kalau lepas popok malam hari baru si usia ke 3 untuk Lil’Miss Koala karena selama Mr. Y sekolah di Jepang, gue tidur berdua sama si bocah, pemalas ibunya buat bangun malam hari. Adiknya sebenarnya pas 2 tahun sudah dicurigai gak pipis di popok karena pagi hari masih kering popoknya, tapi kami masih gak PD. Nah lebaran kemarin kami coba, ternyata tanpa popok dia ndak mengompol. Sekarang malam hari pun sudah lepas popok.

Tetehnya yang sudah memiliki anak yang membawa ilmunya dari kampung, alias anak anak di sana dibiasakan ndak pakai popok kan. Cukup berhasil juga. Kalau dapat ilmu dari pengasuh jangan ditolak mentah, kadang cara lama itu malah lebih manjur lho, meski menaruh capung di udel itu gak manjur hihihihi.

Btw investasi clodi itu lumayan lho. Maksud gue kalau dibandingkan dengan harga popok premium. Mengingat clodi di rumah bikinan luar negeri seperti Charlie Banana, Rumparooz, BumGenius karena gue beli termakan motif lucunya saat itu belum banyak pilihan produk dalam negeri plus pemakaian pencuci khusus clodi Cycles yang gue beli 2 kg pun habisnya baru setahun kemudian, masih jauh daripada gue stok pospak premium selama 2 tahun.

IMHO sie, bagus kalau clodi ini dipakai buat lebih dari satu anak. Tapi ya meski awal bujuk Mr. Y untuk investasi clodi karena masih ada bayi Ryuga setelah Zia dan Syifa, tapi rencana itu disimpan ya sampai lulus sekolah dan perekonomian membaik (atau waktu yang baik menurut Tuhan), maka daripada menganggur lebih baik dipinjamkan ke sahabat baik saya yang sedang hamil hihihi. See, masih bisa digunakan oleh yang lain kan.

Oh ya bagaimana anak-anak saat ini? Gue share foto ya, yang bikin gue meleleh dan homesick selama gue dinas kemarin.

image

image

image

Posted from WordPress for Android

Advertisements

4 thoughts on “Baby Koala 101: Potty Training

  1. sheetavia says:

    Hmmm….tfs ya mbak
    anakku sih skrg 1,5 thn…belum potty training samsek
    dulu pas 6 bulanan dah mulai pt sih…tp karena akunya sakit gak kuat duduk n nunduk lama jadinya dicancel..
    ehh,..malah sekarang blasssssss….

    btw…salam kenal ya mbak..

Leave a Reply and Thank You!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s