Selfie

Sebagai photographer-in-the-making, hobi gue adalah foto pakai cara apapun. Makanya kalau males bawa si-Kamera-Segede-Gaban, berat bo nenteng kamera gede, gue mengandalkan sekali si Sony alias handphone Sony SP gue. Maaf ya gue bukan anti Aipon atau Samsang (cara baca mereknya begitu kata orang Korea), gue anti mainstream habis sie hahahaha. Gak ding, soalnya gue kadung jatuh cinta sama merek ini yang dulu namanya Ericsson, berubah menjadi Sony Ericsson setelah diakuisisi Sony, sekarang menjadi Sony tho.

Jangan tanya kameranya, bagi gue dengan layar BRAVIA, hasil foto gue dengan Sony gak pernah mengecewakan dari dulu. Semua Sony gue bertahan lama lho, dari zaman GF768 lanjut sempat pakai Nokia sie, terus balik ke K700 (henpon nghits) lanjut ke P990 (sok mau dipakai kerja) lanjut ke X1 (henpon termahal yang bisa beli tas 3lv1, di saat wanita ingin tas branded, saya mah gadget maniac banget kali ya :P), lalu lanjut ke Xperia Sola (murah meriah dong) then sekarang Xperia SP (karena merasa membeli Xperia Z itu mahal amir, nanti dech kalau sudah cukup tabungannya).

Meski HP gue tergolong gak murah buat ukuran gue ya tapi kecuali K700 kecemplung di air ya, semua bertahan kurang lebih 3-4 tahun. Gue menetapkan diri minimal 2 tahun sekali baru boleh ganti HP, kalau gak keinginan untuk beli terhits akan muncul terus, bokek nanti saya. Kenyataannya HP lama gak sama sekali dijual untuk tukar tambah, karena peminta Sony itu relatif terbatas, susah dijual balik kayak Nokia atau Samsang seperti kacang goreng. Anti mainstream lah :). Akhirnya HP lama dilungsurin ke Mr. Y dong. Si P990 itu bahkan sudah sampai Jepang, gue beli di tahun 2007, kemarin baru is dead. Lumayan lama kan pemakaiannya.

Btw ini gak mau ngomongin jualan HP ya hahahaha, intro-nya kepanjangan nie. Nah dengan HP itu gue suka banget foto sekeliling. Ya panaroma, ya gedung, ya teman gue… Tapi gue jarang banget punya foto sendiri, sampai bos gue ketika dinas ke Sydney bertanya kok gue suka fotoin rombongan tapi selalu menolak ketika dibantu untuk difotoin.

Masalahnya cuma satu, gue gak pede dengan muka gue sendiri wkwkwkwkwkwk.

Serius nie, gue punya masalah self-esteem dengan penampilan agak parah, I don’t like my nose, I my cheek, my lips and my face hahahahaha. Kalau boleh operasi plastik sie, gratis, gue mau dech :P.

Makanya jarang punya selfie. Yang ada cuma memperhatikan selfie teman-teman di IG doang. Lumayan sie dapat inspirasi macam-macam.

Nah, ngomongin selfie ini, ternyata bukan hanya trends di Indonesia doang, tapi begitu pula di Perancis. Sembari merenung di kamar hotel sendirian, kebetulan ada liputan tentang selfie ini di Perancis. Ternyata selfie itu sudah merajalela di semua kalangan, dari yang masih pantas sampai yang gak pantas.

Pantas itu adalah beneran selfie umum biasabangte ya, model OOTD gitu. Yang gak pantas adalah selfie dengan latar musibah kebakaran, tabrakan dan sebagainya. Sumpah gak pantas habis. Jadi banyak nie orang-orang memajang selfie dengan latar belakang lagi kebakaran lah, atau lagi tabrakan beruntun. Mungkin di Indonesia ada nie yang berani ya pajang selfie musibah KRL di Bintaro kemarin tanpa berusaha membantu korban.

Salah satu ibu yang diwawancarai, berbagi cerita kalau anaknya yang laki-laki hobi selfie dimana-mana. Ya habis olahraga, ya habis main sama teman-temannya, ya habis tidur dengan telanjang dada tentunya dan yang paling ibu itu gak suka adalah selfie anaknya sehabis mandi. Ibu itu, meski hidup di negara se-terbuka Perancis, merasa selfie habis mandi itu mengganggu dan dia takut keselamatan anaknya (maklum zaman pedopilia dan ibu itu adalah single parent). Akhirnya dia memberikan batasan-batasan mengenai selfie apa saja yang boleh diunduh di sosial media dan dipatuhi anaknya kok. Ohya, anak laki-laki ini punya banyak follower beribu-ribu.

Selain cerita itu, ada juga derita dari hobi selfie remaja wanita. Bermula dari selfie yang diunduh, menjadi masuknya komentar dari laki-laki tentang selfie yang berujung ke bully. Akhirnya si remaja wanita ini depresi dan masuk ke rehabilitasi psikis. Serem yaaaa…

Ngomongin selfie lagi, di Tumblr bahkan ada hashtag Selfie at Funerals. Tahu kan rasanya gengges habis kalau ketemu orang lagi cekakakakan ketika acara duka, atau lagi ibadah khusyuk eh sibuk foto-foto. Nah ada ini tempat khusus buat pecinta selfie di acara pemakaman lho.

Apakah cuma remaja saja yang melakukan selfie di acara pemakaman? Tentu tidak… coba lihat berita terheboh pagi ini yang gue dapat dari People.com dan menuai reaksi di blogsphere lho. Jreng-jreng:

Taken from http://www.people.com/people/article/0,,20764749,00.html

Taken from http://www.people.com/people/article/0,,20764749,00.html

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA…

gak bermaksud mentertawakan acara pemakaman Nelson Mandela, tapi ternyata leaders just want to have fun kali yak. Tapi gak pada tempatnya. Dicurigai ini adalah selfie, dan tepat saat acara Nelson Mandela’s memorial service in South Africa. Deziiiiig!

Gue berusaha gak menghakimi, mungkin ya para pemimpin ini lagi share tentang kenangan manis dengan Nelson Mandela, atau bu Helle Thorning lagi kasih lihat HP teranyarnya ya gak :). Lagipula belum ada bukti hasil selfie itu sendiri.

dan masalah ini sudah menuai protes di sini, sini dan sini ya, silahkan dibaca sendiri :). eh gue gak bisa ng link ya, baiklah baca di sini dech:

http://www.people.com/people/article/0,,20764749,00.html

http://mashable.com/2013/12/10/obama-nelson-mandela-funeral-selfie/?utm_cid=mash-prod-email-velocity-alert&utm_emailalert=viral&utm_source=newsletter&utm_medium=email&utm_campaign=velocity

http://mashable.com/2013/12/10/obama-funeral-selfie/

Happy selfie ya man-teman…

Advertisements

4 thoughts on “Selfie

Leave a Reply and Thank You!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s