Berapa Harganya?

Pernah gak berada dalam posisi habis beli (authentic) branded bags atau habis liburan ke sebuah resort di luar negeri, dan ditanya berapa budget yang sudah dikeluarkan?

Kalau gue pribadi gue akan merasa sangat sangat jengah. Apalagi kalau bertanya dalam konteks kepoisme. Ogah banget gue mau menjawabnya.

Gue jengah sebenarnya karena dua hal: Pertama adalah bapak gue selalu mengajarkan untuk tidak pamer. Jadi menurut gue pribadi kalau gue sebut sebuah harga untuk sesuatu yang menurut gue mewah, ya gue lagi pamer. Kedua masalah bertanya harga, unless you seriously want to buy it dan yang bertanya adalah teman-teman gue, bagai bertanya kemampuan keuangan gue atau ingin tahu isi tabungan gue. Apalagi bernada kepo habis :).

Jadi reaksi gue kalau gue ditanya harga barang milik gue gimana?

Reaksi Pertama
Tadi siang gue ke Asemka beli perlengkapan buat ulang tahun Daffa anaknya teman gue. Kebetulan nie dapat kalung etnik dari kayu keren dan harga murah. Reaksi gue habis ditanya teman gue harga kalung tersebut adalah bangga bisa dapat barang murah di Asemka terus nyerocos kasih tahu tokonya. Pokoknya bangga dech.

Atau pernah habis beli sepatu merek Aldo dengan harga diskon 75%. Langsung gue pamer dong berhasil beli barang bagus tapi murah hehehehe.

Reaksi Kedua
Setahun yang lalu gue sama Mr. Y habis renovasi rumah, tahu lan renovasi itu gak murah lah yauw yang berbuah langsung bokek mendadak T_T. Terus ada kerabat yang seumuran mengeluarkan jurus pertanyaan keponya.

Kerabat X: habis renovasi rumah ya Yas?
Me: heeeeeem (lama karena berpikir mau jawab apa), iya.
Kerabat X: oooh banyak ya yang direnovasi… (dg muka kepo)
Me: iya nie dibayar sama bapak gue soalnya kasihan cucunya kena bocor.
Kenyataan -> memakai alasan dibayari ortu itu adalah cara paling jitu menghentikan pertanyaan. Karena selain gue tahu dia gak niat bertanya untuk masukan dia, dia pasti sudah puas kalau merasa kemampuan finansial gue 11-12 dengan dia ;p.

Atau

Habis beli tas Lambang Joki dan Kuda, terus dipakai ke rumah kerabat.
Kerabat X: wah tas Lambang Joki dan Kuda baru nie, asli ya? Berapa Harganya?
Ya kalau orang itu pemerhati tas dan bisa tahu merek tas harusnya gak usah gue kasih tahu kan sudah bisa bukan website merek itu ya gak? Gue gak pernah bertanya harga Celine atau Balenciaga ke teman yang punya, kan gue tinggal buka forum fashion saja.
Me: eeeeh, iya nie kemarin online sale sampai 75% jadi gue menitip dibeliin sama teman gue di Hong Kong, kan disana harganya kayak kacang goreng.
Kenyataan ->> jarang banget branded bag itu diskon sebesar itu, kadang gue suka memberikan harga paling absurd, ya harusnya kalau dia cerdas sie bakal lihat ke website merek itu ya gak?

Apalagi nie yang bertanya adalah kerabat, wah gue males banget jawabnya kecuali kalau sudah dekat. Plus gue tahu kemampuan finansialnya, gue takut di kemudian hari malah gue jadi obyek gossip keluarga. Sejujurnya dengan gue berbohong gue cuma gak ingin terlihat “lebih mampu” daripada kerabat keluarga yang lain. Itu saja.

Sebenarnya gue gak akan selalu bereaksi begitu, gue juga lihat-lihat siapa yang bertanya. Kalau teman-teman yang gue kenal pasti gue jawab dengan baik-baik kok, diawali dengan kata “gue malu aaah”. Tapi kalau reaksi gue dimulai dengan kata “heeeeeem” itu tandanya gue lagi mikir buat bohong hihihihihi.

Sekeras apapun gue berusaha terlihat low profile dengan jawaban white lies di atas, teteup aja ada yang ngomong (di belakang cencunya) kalau gue boros dan suka foya-foya. Hahahahaha, capek dech. Ya begitu lah beberapa orang gak bisa melihat proses menabung dan bekerja seseorang untuk dapat sesuatu,cuma lihat hasilnya itu juga buat jadi bahan nyinyir. Ya sudah, kan yang penting halal dan gak minta dari orang tua gak? πŸ˜‰

Posted from WordPress for Android

Advertisements

4 thoughts on “Berapa Harganya?

  1. danirachmat says:

    sangat memahaminya. Kalo reaksi gw akan kebalikannya. Pas tahu kalo si penanya niatnya kepo maka akan gw lebih-lebihin biar semakin nyut-nyutan tuh deh yang nanya. setan ya gw? hahaha

  2. De says:

    gw juga tipe yang bangga kalo dapat barang harga murah.

    gimanapun kita gak bisa dapat 2 hal ini secara bersamaan sih :MURAH dan BAGUS

Leave a Reply and Thank You!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s