Ttaxi di Jakarta dan di Belahan Dunia Lain… Bagian 1

gw adalah pelanggan setia taxi, ya ya ya gw akui memang gw agak manja untuk urusan transportasi. maklum lah gw dulu besar di Bogor yang notabene gampang banget kemana-mana naik angkot. hujan pun ayuk, terik ayuk, sok pan mau kemana gw setia sama angkot.

tapi itu dulu sebelum mengenal kejamnya transportasi di Jakarta. andai gw bisa milih dapat pekerjaan seenak di tempat gw ini (dalam arti gaji dan fasilitas pendidikan yak, kerjanya sie sama saja hehehehe) gw pasti akan senang hati tinggal di Bogor.

tapi ya gw pun gak bisa menyetir mobil (untuk saat ini) dan gw suka takut kalau jatuh pas turun dari Kopaja atau Metromini (yang suka semena-mena menurunkan penumpang tanpa ngerem), ya yuk mari naik taxi dulu.

kalau ditanya taxi langganan gwΒ  apa ya pastilah si taxi sejuta umat Jakarta yang mudah dihubungi itu lho. ya gw memilihnya memang dengan pertimbangan dari segi keamanan saja. si Burung Biru ini sie katanya taxi paling aman seantero Jakarta, mengingat tingkat kriminalitas yang cukup tinggi (dalam hal ini diculik oleh pengemudi taxi). tapi untuk kenyamanan entah ya, gw harus fair dong memberi penilaian.

picture taken from Microsoft Office

dari sisi kenyamanan ya ibarat mencari driver yang bagus itu untung-untungan. kadang kalau mendapatkan pengemudi yang enak diajak ngobrol, setirnya oke, gak ngebut di jalan toll, rasanya surga banget (sambil tidur di taxi zzzZZ). tapi pernah gw dapat pengemudi yang ngototan, bau badan, bahkan pernah gw mendapatkan pengemudi yang gw curigai rabun mata berat (atau yang bersangkutan tidak bisa baca plang jalan).

cuma ya pengalaman baiknya juga cukup banyak, gw mendapatkan pengemudi yang cekatan ketika gw sudah pecah ketuban dan harus menempuh perjalanan dari Bogor ke RS. Bunda Jakarta. terima kasih ya pak, maaf kalau air ketubannya mengotori taxi Bapak. semoga Bapak mendapatkan limpahan rezeki. lalu gw pernah ketinggalan BB yang terjatuh di bawah jok mobil, alhamdulillah kembali.

secara gw sekarang suka ketinggalan barang di taxi, gw suka menggunakan aplikasi panggil taxi dalam smartphone gw, yang ternyata ada GPS buat mantau lokasi taxi yang dikirim. selain nomor taxi tercatat, gw bisa mantau keberadaan taxi gw.

taxi yang lainnya adalah Taxi P mobil Malaysia itu lho yang super duper murah pelayanan prima. maksud gw sie gw belum pernah ketemu sama pengemudi yang kurang ajar, semuanya sopan santun dan sudah berumur. so far so good dengan harga argo yang memuaskan. harga jauh lah daripada si Burung Biru. cuma gw jarang banget menggunakannya sampai ke Bogor secara kasian kalau ybs gak dapat penumpang balik ke Jakarta.

Taxi lainnya adalah si Taxi Putih yang terkenal dengan pengemudinya dari Kota Tegal. yup kebanyakan pengemudinya dari Kota Tegal. untuk taxi ini ada beberapa pengalaman yang kurang mengenakan namun ya sama lah dengan si Burung Biru. tapi sekalinya ketemu sama pengemudi yang sopan dan ramah, woooow. ada lho pengemudi yang sudah puluhan tahun menjadi pengemudi taxi anaknya pun mengikuti jejak bapaknya. alhamdulillah kata mereka, sudah memiliki rumah meski bukan di daerah elite. hebat ya, daripada gw nie, sekarang saja masih KPR hehehehehe.

Taxi lainnya yang pernah gw jajal yaitu taxi orange yang ber-tv. ya sebenarnya kelebihannya si tv itu saja. jarang banget gw naik taxi ini. yang lain adalah si Taxi Kuning yang katanya kalau ke airport gratis bayar toll-nya. pada dasaranya kalau taxi yang seperti ini gw jarang banget naik sendirian apalagi malam hari. karena punya pengalaman gak enak sama taxi abal2xan (ini versi gw taxi yang jejadian menyerupai taxi yang banyak pelanggan), untuk taxi yang bukan Burung Biru gw harus naik ramai-ramai.

Pada dasarnya semua taxi sie sama, asala pengemudinya enak, gw sie gak masalah. permasalahan enak gak nayamnya taxi hanya dari pengemudinya kok.

Advertisements

One thought on “Ttaxi di Jakarta dan di Belahan Dunia Lain… Bagian 1

Leave a Reply and Thank You!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s