cacar Air dan Menyusui

Selama seminggu ini gw terkapar mendekam di lantai atas rumah bapak dan ibu gw… isolasi penuh cyyyn huhuhuhuhu.

Ya saudara-saudara, gw terkena cacar air. Perlukah gw deskripsikan apa itu cacar air, penyakit anak kecil. Gw ketularan Lil’Miss Koala, yang sekitar 3 minggu lalu terinfeksi (bener gak ya istilahnya bagi korban tertularnya cacar air di sekolah? But, it’s still a virus.

Kalau beranggapan pastinya gw belum pernah kena cacar air sebelumnya, salah banget, ini kali kedua gw kena cacar air dan Lil’Miss Koala pernah kena di umur 11 bulan (terpapar tetangga sebelah yang dibiarkan ortunya main di luar).

tolong buat para ortu di luar sana, coba bayangkan sampai anak gw gak bisa nyusu langsung sebagai akibat keteledoran sepasang ortu di sekolah Lil’Miss Koala yang membiarkan anaknya yang kena cacar sekolah, perhatikan masa inkubasi virus ini. Artikel menarik tentang virus cacar dan penanganannya dapat dibaca di milis sehat disini.

Kerjaan gw selama cacar air ini cuma tidur-nonton TV (ngaku dech akhirnya gw nonton Kim K’s Fairytale Wedding eerrr Law and Order back-to-back lalu mandi – makan – tidur lagi. Do I enjoy this? Not at all (catat ya buat teman kantor gw si Tukang Fitnah pasti mengira gw senang berada di rumah lagi berjemur). ya gimana gw bisa menikmati, Lil’Miss Koala main sendiri, sementara Baby Koala is turning 6mos (SOLID FOOD!), dan gw cuma bisa memberikan instruksi dari atas tangga kepada si Dua Teteh (ya, apelnya digerus kasih air sedikit).

Kemarin malah lebih mengenaskan lagi, ketika sedang tiduran, gw mendengar jeritan suara Baby Koala kencaaaaaaang sekali kayak kesakitan. Gw kira cuma kegigit nyamuk, gw intiplah dari balkon atas dan ternyata anak gw yang imut menggemaskan itu sudah terlentang di ubin bawah tempat tidur! AAAARRRRRGGGGH!

Gw cuma bisa berteriak teteh-bapak tolong si Baby Koala tolong saya gak bisa megang. Sedih dech sejadi-jadinya, pengen meluk gak bisa, pasti dia mencari pelukan gw. Huhuhuhuhuhuhuhu…

Bagaimana dengan menyusui? ya, wasallam dech…

Dengan berat hati terpaksa diserahkan kepada bantuan susu formula. Berdasarkan buku yang gw beli di KMC Hospital (di tempat dr. Asti) dengan judul Menyusui itu Mudah yang dikeluarkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang DKI Jakarta, ditulis demikian:

Penyakit cacar air bisa menjalar ke sekitarnya melalui kontak dengan partikel-partikel virus ketika gelembung-gelembung cacar pecah sehingga dalam periode akut (masih timbul bintik-bintik cacar baru), ibu sebaiknya tidak memegang bayi.

Ibu masih boleh memerah ASI jika kondisi sekitar PD bebas dari gelembung cacar. Jika terdapat gelembung cacar di sekitar PD, ASI tetap diperah tapi harus dibuang. Ibu boleh menyusui lagi ketika masa penyembuhan yakni ketika bintik-bintik telah menghitam.

Demi menjaga stok ASI (dimana gw sudah ludes maaf ya harus dibantu nak karena keadaan), gw tetap memerah ASI, untuk manajemen laktasi gw juga. Jujur sedih karena Baby Koala dekat banget sama gw, ingin menyusui terus, tapi daripada dan daripada (gak usah berandai-andai), mari tekadkan niat bulat cepat sembuh biar kembali ke ASI :).

Btw, buat ibu-ibu yang lagi menyusui kena cacar air, monggo di-browsing masih boleh gak menyusui saat kena cacar air, ada yang tetap menyusui ada yang tidak. Gw sie lebih memilih saran kedua, dengan pertimbangan Baby Koala sudah ASIX, toh cuma sementara dan tidak mengurangi kasih sayang gw kok hehehehe. Tapi bolehlah gw minta masukan, tapi kalau menyangkut bagaimana kita membesarkan anak-anak kita keputusan kan tetap pada orang tuanya yaitu saya dan anda masing-masing.

sumber:

  1. milis sehat http://milissehat.web.id/?p=513
  2. Menyusui itu Mudah yang dikeluarkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang DKI Jakarta
Advertisements

Leave a Reply and Thank You!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s